MERDEKA BELAJAR

MERDEKA BELAJAR

MODUL 3 MENDAMPINGI MURID DENGAN UTUH DAN MENYELURUH

 

Artikel kali ini merupakan catatan dari pelatihan mandiri yang didapatkan melalui platform Merdeka Mengajar yang berisi pengembangan guru dalam bentuk pelatihan mandiri. Bapak dan ibu guru dapat mengunduh platformnya di playstore atau menuju link berikut ini:

guru.kemdikbud.go.id

Kodrat Alam

Setiap murid dilahirkan dengan kodrat alam yang berbeda-beda. Ada yang tinggal di tepi pantai, pegunungan, perkotaan atau pedesaan, dan lain-lain. Modul ini mengajak Bapak dan Ibu Guru untuk memahami kodrat alam murid dan memberikan pengalaman belajar sesuai dimana murid tinggal.



Kodrat alam adalah bagian dari dasar pendidikan murid yang berhubungan dengan sifat dan bentuk lingkungan dimana murid berada. Pendidikan sebagai salah satu instrumen pengembangan akal budi yang sesuai dengan kodrat alamnya. Pendidik harus melihat murid secara utuh yang merupakan bagian dari masyarakat dan lingkungannya agar mereka dituntun untuk tumbuh dan berkembang dalam lingkungan tersebut.



Kodrat setiap murid tidaklah sama. Setiap murid adalah unik sebagaimana kodratnya. Oleh karena itu, mereka berhak mendapatkan tuntunan yang tepat sesuai keunikannya sehingga mereka dapat selamat dan bahagia. Tuntunan seperti ini bersifat kontekstual, misalnya murid yang hidup di pesisir pantai mendapatkan wawasan tentang bahaya yang mengancam ekosistem laut dan melakukan penelitian yang berhubungan dengan lingkungan tersebut misalnya menjaga ekosistem dengan menanam mangroove atau juga melakukan penelitian tantang bahaya sampah plastik bagi ekosistem laut.



Murid juga memiliki potensi yang unik. Ada yang memiliki potensi di bidang seni, ada di bidang bahasa, dan sebagainya. Pendidik harus memiliki kepekaan untuk mengidentifikasi potensi murid ini agar tuntunan dapat diberikan secara tepat. Pendidik diminta untuk menyesuaikan rencana dan strategi tuntunan agar murid dapat berkembang dan menemukan pengalaman-pengalaman belajar yang bermakna, misalnya murid yang memiliki potensi seni diberi kesempatan untuk menyelenggarakan pertunjukan seni yang dikaitkan dengan tema yang sesuai dengan peminatan murid atau pembelajaran tertentu.

Dapat dibayangkan saat murid diberikan ruang sesuai kodratnya maka mereka akan senang untuk mengeksplorasi pembelajaran sesuai kodratnya.

Ki Hadjar Dewantara mengingatkan bahwa dalam melakukan pembaharuan yang terpadu, hendaklah selalu diingat bahwa segala kepentingan anak-anak didik, baik mengenai hidup diri pribadinya maupun hidup kemasyarakatannya jangan sampai meninggalkan segala kepentingan yang berhubungan dengan kodrat keadaan, baik pada alam maupun zaman.

Bapak dan Ibu Guru mari kita renungkan bersama apakah kita sudah menyadari bahwa murid adalah individu yang utuh bagian dari alam semesta? Apakah kita sudah peka untuk melihat keunikan potensi murid kita? Apakah kita sudah memberikan tuntunan yang sesuai dengan kodrat murid dan dekat dengan konteks kehidupan murid?

 

Refleksi:

Ceritakan pengalaman Bapak dan Ibu Guru dalam menghadapi kodrat alam ini!

 

Penulis: Ida Bagus Suwardana, Ketua PKBM Taman Eden Jimbaran

Sumber gambar ilustrasi:

Galeri Taman Eden Jimbaran

Komentar

Postingan Populer